Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jambi

Bersama Rakyat awasi pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu

Rakor dengan Media Asnawi : Kita Ingin Dengarkan Masukkan

04 Desember 2017 - admin

JAMBI-Bertempat di Sekretariat Bawaslu Provinsi Jambi, lembaga pengawasan Pemilu menggelar rapat koordinasi dengan media, Kamis (30/11) kemarin. Dimana kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka fasilitasi dan koordinasi dengan mitra kerja penyelenggaraan Pemilu, KPID, media cetak dan elektronik. 
Dengan fokus pada sosialisasi pengawasan penyelenggaraan Pilkada/Pemilu dan pemberitaan serta tayangan iklan kampanye yang berimbang sesuai dengan ketentuan.
Dalam Rakor ini, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi Rivai menjabarkan fungsi media dalam Pemilu, informasi seputar Pemilu Parpol, pendidikan politik dan kontrol proses politik. Selain itu dibahas juga irisan media dan Pemilu, kegiatan Pemilu di media dan peliputan Pemilu.
“Intinya dalam kegiatan ini, kita ingin kawan-kawan media tertib dalam mengiklankan atau membuat berita kampanye pasangan calon di Pilkada maupun Pemilu, sesuai dengan UU nomor 10 tahun 2016,” kata Asnawi.
“Kampanye merupakan salah satu dari tahapan pemilihan, kegiatan kampanye ke depan akan banyak menggunakan media, terutama media online,” tambahnya.
Melalui kegiatan inilah, lanjutnya, Bawaslu ingin meminta masukan dan saran dari semua pihak yang terkait terutama media. Terkait penayangan iklan kandidat atau pasangan calon di masa-masa kampanye, termasuk iklan kampanye yang difasilitasi oleh KPU, sehingga tidak terjadi salah persepsi dan menjadi masalah di kemudian hari.
“Kami berharap pesanan iklan di media terkait Pemilu dapat dikoordinasikan dengan Bawaslu,” kata Asnawi.
Ada belasan media yang hadir dalam Rakor ini, baik media cetak dan elektronik. Semua perwakilan media yang hadir diminta untuk memberikan pendapatnya, untuk menjadi catatan Bawaslu dalam membuat kebijakan, namun tetap mengacu pada undang-undang yang berlaku.
Tampak hadir Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh Pebrianti, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jambi Ahmad Lutfi dan Para Kasubbag serta Tim Asistensi Bawaslu Provinsi Jambi. (*)