Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jambi

Bersama Rakyat awasi pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu

DI WAJIBKAN NETRAL, ASN DI HARAMKAN BERPOLITIK

31 Januari 2018 - admin

JAMBI-Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemilihan kepala daerah (pilkada) mutlak dan wajib dilaksanakan. Prinsip ASN sebagai penyelenggaran negara harus di harapkan netral dan tidak memihak pada salah satu kontestan.

Anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Rofiqoh Pebrianti mengatakan, aturan tentang netralitas ASN sudah sangat jelas, menurut Rofiqoh, tiada lagi ada keraguan soal peraturan yang ada.

“Aturan soal netralitas ASN sudah sangat jelas, kalau UU pilkada No. 10 Tahun 2016 kemudian UU ASN, saya rasa tidak ada lagi keraguan tentang itu,” katanya.

Rofiqoh melanjutkan, status ASN itu mengikat, tidak boleh menghadiri deklarasi dan kampanye pasangan calon.

“Status ASN itu mengikat, tidur pun masih ASN. Kalau untuk mendengarkan tidak harus hadir di lapangan nanti abu-abu, visi misi itu di baca dari selebaran saja bisa. Nanti tertangkap kamera dan di klarifikasi malah marah,” ujarnya.

Rofiqoh menambahkan, banyak cara untuk mengenal dan mengetahui visi misi calon, menurutnya, perkembangan zaman sudah sedemikian canggih, ini bisa di dapat melalui media sosial.

“Saya rasa sekarang zaman sudah canggih, membaca kan tidak dilarang, tapi kalau nge like status dilarang dan bahasa tubuh dilarang,” tandas Rofiqoh.