June 19, 2019

TAUTAN

BAWASLU
68

Bawaslu Terima Laporan Warga, Terkait Dugaan Ijazah Palsu

BAWASLUJAMBI-Dikutip dari jamberita.com, Bawaslu sepertinya harus kerja ekstra lagi saat ini. Karena adanya laporan dari masyarakat terkait dugaan tindak pidana pemilu untuk caleg.

Dugaan tindak pidana pemilu ini adalah adanya dugaan pemalsuan dokumen yaitu ijazah salah satu caleg Partai Hanura DPRD Provinsi Dapil Tanjab Barat – Tanjab Timur.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan klarifikasi terkait laporan terkait dugaan tindak pidana pemilu. Laporan ini atas nama susilo yang masuk pada 4 Maret sebelumnya. “Kami sudah bahas dengan Sentra Gakkumdu dan diregister. Terlapor itu inisial D,” katanya ketika ditemui, Senin (11/3).

Ia mengatakan, laporan tersebut disertakan dengan beberapa bukti. Pertama itu ijazah paket C setara SMA yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Tanjab Timur. Pernyatan Kepala Dinas Pendidikan, serta absensi ujian pada 2006 – 2007. “Sekarang ini kami lagi klarifikasi pelapor dan saksi,” ujar mantan Komisioner KPU Kota Jambi ini.

Terkait permasalahan ini, pihaknya kaitkan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 520. Bunyi pasal itu adalah setiap orang ketika dengan sengaja menggunakan dokumen palsu untuk kebutuhan pencalonan yang disebutkan pada 254 dan 260 dipidana penjara 6 tahun dan denda 72 juta. (*)

Sumber : jamberita.com

Desain Profesional Jasa Pembuatan Web

Jl. Slamet Riyadi No. 7 Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Danau Sipin (Belakang Kantor Dinas Dukcapil) Kota Jambi Kode Pos : 36122 Tlpn/Fax : 0741-60215 email: bawaslujambi@gmail.com

BERANDA